Jl.Sim Blang Bintang , Aceh Besar acehcyberpost181@gmail.com 0812-3223-4990 Aceh Cyber Post

Sunday 6 December 2015

Menakar Iman dari Tetangga


KALAU engkau ingin tahu apakah dirimu sudah beriman, bertanyalah kepada tetanggamu tentang dirimu. Kalau engkau ingin Allah turunkan pertolongan kepada dirimu dan kaummu, perhatikanlah amalan-amalmu kepda tetangga. Sebab, akhlak kita kepada tetangga menjadi salahsatu penakar keimanan kita.
Tidak beriman orang yang sering menyakiti tetangganya meskipun shalatnya sampai menghitamkan keningnya. Tidak dianggap baik akhlak seseorang apabila para tetangganya menganggap ia sebagai orang yang buruk, sedangkan para tetangganya termasuk di antara orang-orang yang adil dan tidak berlaku zalim.
Suatu saat seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasul Allah, bagaimana saya tahu bahwa perilaku saya baik dan bagaimana saya tahu bahwa perilaku saya buruk?”
Rasulullah SAW menjawab, “Jika engkau mendengar mereka berkata bahwa perilakumu baik, maka perilakumu memang baik. Akan tetapi jika engkau mendengar mereka berkata bahwa perilakumu buruk, maka perilakumu memang burul.” (HR. Ibnu Majah)
Sungguh, pada tetangga kita dapat menakar iman mereka. Bukan dengan jalan membanding-bandingkan diri kita dengan mereka, tetapi dengan memerhatikan apakah perilaku kita membuat mereka aman ataukah justru tersakiti. [hd/islampos]
Referensi: Mencari Ketenangan di Tengah Kesibukan/Karya: Mohammad Fauzil Adhim/Penerbit: Pro-U Muslim

0 comments:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

Al-Qithar. Powered by Blogger.

Translate